Kamis, 26 Juni 2014

SUMUR TUA DI PENYENGAT


Tanjungpinang  –  Wisata religi di pulau penyengat  seakan tidak ada habisnya. Salah satunya ada di Balai adat penyengat yaitu yang terkenal dengan sumur tuanya.Sumur ini di perkirakan sudah ada sejak 200 tahun yang lalu. Meski mempunyai nilai-nilai bersejarahnya hingga kini sumur tua  ini banyak di percayai membawa suatu keberkahannya.

Sumur tua ini , konon di bangun oleh hamba-hamba raja dengan kedalaman hanya 2,5 meter saja. Air sumur ini dulunya di gunakan oleh para raja-raja yang tinggal di kompelek istana raja. Raja Usman (59) seorang penjaga sumur tua, “saya sudah tujuh tahun  menjaga sumur tua ini“. Sumur tua ini dibangun oleh masa kerajan  yang pernah berkuasa di penyengat.

“Air ini tak pernah kering , walau pun kedalammannya hanya 2.5 meter saja” tuturnya . Ia menjelsakan  sutu ketika ada peneliti dari jakarta untuk meneliti kandungan air nya dan ternyata air itu banyak mengandung mineral. Meskipun sumur tua ini berdekatan dengan bibir pantai akan tetapi sumur tua itu tiadak merasakan asin.

Terkadang sumur tua ini dimanfaatkan warga penyengat untuk keperluan sehari-hari. Pada waktu kemarau warga memakai air di sumur tua ini. “ sumur ini tak pernah habis walaupun airnya diambil berkali-kali”ungkapnya . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar