Selasa, 29 April 2014

Taman Tugu Pensil


Taman Tugu Pensil merupakan taman kota yang terletak di tepi/pinggir laut. Tugu Pensil merupakan sebuah monument simbolik yang menyatakan bahwa Kepulauan Riau telah meraih predikat sebagai daerah yang dapat membebaskan masyarakatnya dari buta aksara melalui suksesnya program Pemberantasan Buta Huruf (PBH) pada tahun 1960-an. Tugu ini dirancang oleh salah seorang Putra daerah bernama Ir.Nizar Nasir. Perletakan batu pertamanya dilakukan pada pertengahan tahun 1962 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof. Prijono pada masa itu. Di bawah tulisan Tugu Pensil tersebut terdapat semacam prasasti-prasasti sebanyak dua belas buah. Setiap prasasti berisikan satu pasal dari 12 pasal Gurindam 12, sebuah gurindam yang berisikan petuah melayu ciptaan Raja Ali Haji, bapak Bahasa Indonesia.
Risna, seorang pengunjung mengemukakan harapannya kepada pemerintah dan masyarakat setempat agar monument bersejarah ini selalu dijaga dan dirawat dengan baik. Karena selain pengunjung dari kota tanjungpinang sendiri, pengunjung dari luar pun banyak yang datang kesini.
“saya harap pemerintah maupun masyarakat yang datang kesini selalu memperhatikan kebersihan di sekitar Tugu Pensil ini. Mungkin untuk pemerintah kalau ada yang rusak segera di perbaiki. Soalnya pengunjungkan bukan dari tanjungpinang aja, tapi dari luar juga ada. Kan malu kalau dilihat kotor-kotor dan enggak terawat,” harapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar